PLN Gandeng Undip dan Polines Beri Beasiswa Ikatan Dinas

SEMARANG-PT PLN (Persero) menggandeng Undip dan Politeknik Negeri Semarang (Polines) dalam kesepakatan program beasiswa ikatan dinas. Pada tahap awal akan ada 15 orang mahasiswa Fakultas Teknik Jurusan Teknik Elektro (arus kuat) dan Teknik Mesin (pembangkit/konversi energi) yang berkesempatan mendapatkan beasiswa tersebut.

Direktur SDM dan Umum PT PLN Ir Eddy D Erningpraja MT mengatakan, kebutuhan SDM di PLN hingga 2018 diperkirakan mencapai 28 ribu orang. Beasiswa berprestasi melalui program ikatan dinas tersebut diharapkan bisa membantu penyediaan SDM untuk ditempatkan di berbagai divisi.

”Sebenarnya tidak hanya lulusan teknik yang kami butuhkan tapi juga dari berbagai bidang ilmu. Selain Undip, mahasiswa berprestasi dari UI, ITB, dan UGM juga punya kesempatan itu,” jelas Eddy seusai penandatanganan nota kesepahaman dan kerja sama PT PLN dengan Undip dan Polines di kampus Undip Tembalang Semarang, kemarin.

Hadir dalam acara tersebut, Rektor Undip Prof Dr dr Susilo Wibowo MS Med SpAnd, Direktur Polines Dr Totok Prasetyo BEng MT serta 150 mahasiswa teknik dari kedua perguruan tinggi yang selanjutnya mengikuti kuliah umum.

Perjanjian kerja sama dengan Undip, lanjut Eddy, meliputi bidang pendidikan dan pelatihan, pengembangan SDM, penelitian, dan pengembangan. Bidang lainnya adalah pertukaran informasi ilmu pengetahuan serta rekayasa teknik dan nonteknik terkait bidang ketenagalistrikan.

Rekrutmen Pegawai

Eddy menambahkan, setiap mahasiswa mendapat uang SPP Rp 875 ribu/semester, bantuan biaya praktikum Rp 200 ribu, uang saku Rp 1 juta/bulan dan bantuan riset penyusunan tugas akhir sebesar Rp 3,5 juta.

Perjanjian selanjutnya berupa kerja sama antara PLN dan Polines tentang penyelenggaraan program pendidikan D3 Kelas Kerja Sama untuk rekrutmen pegawai PLN.

Program tersebut bertujuan untuk mendapatkan lulusan D3 siap kerja. Jumlah peserta yang diikutsertakan dalam program itu juga disesuaikan dengan kebutuhan Formasi Tenaga Kerja (FTK) tingkat pendidikan D3 PLN.

Rektor Undip dalam sambutannya mengungkapkan, kerja sama antara PLN, Undip, dan Polines sangat bermanfaat untuk meningkatkan SDM, khususnya di bidang teknologi ketenagalistrikan. ”Alat laboratorium di perguruan tinggi di Indonesia masih kalah jauh dibanding negara lain, sehingga dengan kerja sama seperti ini mudah-mudahan bisa mendukung fasilitas untuk penelitan,” terangnya. (J14-45)

 

 

sumber:  suara merdeka

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: